Kita Harus Belajar Dari China Bukan Membencinya

 "Tuntulah Ilmu Sampai ke Negeri China"

Entahlah pepatah di atas apakah sesuai dengan artikel ini atau tidak, namun kondisi yang terjadi sekarang khususnya di Negara kita justru sebaliknya. Banyak orang yang justru anti pati terhadap China. Namun disadari atau tidak china begitu mendominasi dalam banyak aspek kehidupan, salah satunya dalam bidang teknologi. Bagaimanapun tak bisa dipungkiri kita memang tidak bisa terlepas dari produk-produk china. Bahkan baut dan skrup yang kecil-kecil hingga produk-produk elektronik yang canggih kebanyakan buatan china. Mungkin kita berpikir produk china jelek dan gampang rusak. Padahal kenyataannya ada juga produk china yang bagus bahkan produk no 1. Hanya saja daya beli kita mungkin memang masih belum terlalu tinggi. Sehingga kita lebih mengutamakan fitur dari pada kualitas produk.

Jadi jangan di genralisir bahwa produk China jelek, hanya karena kita mampunya beli produk yang murah bukan produk China yang berkualitas. Disinilah bagaimana pintarnya china “memainkan” strategi pasar dalam menyasar konsumennya. Produk china bukan nya tidak ada yang bagus namun mereka bisa menyesuaikan dengan pasar kita yang memang mementingkan spesifikasi tinggi dan harga murah meskipun ada kualitasnya yang dikurangi. Contoh saja produk hp nya, meskipun di bilang cepat rusak dan kualitas nya jelek. Namun faktanya produk-produk china bisa mendominasi khususnya pada kelas entry level sampai mid level yang pasarnya memang banyak di negara kita. China juga memproduksi barang yang mungkin kita anggap sepele tapi pada kenyataanya banyak dicari dan sangat laris. Misalnya produk kabel charger, produk adaptor, batre hp dan part part kecil lainnya. Kita memang perlu memilah milah produk-produk nya, karena memang tidak semuanya baik apalagi yang harganya murah. Karena kemungkinan Quality Control nya kurang baik dan bisa membahayakan. Bukan sekali dua kali kita mendengar produk HP China misalnya yang mengalami kendala hingga terjadi insiden HP meledak. Namun sekali lagi tidak semua produk china itu jelek. Bahkan produk terbagus sekalipun mengandung komponen-kompinen buatan china, meskipun di branding bukan sebagai merk china. Namun disini kita harus melihat bagaimana kejelian china dalam melihat peluang bisnis. Bagaiman hal-hal yang kita sepelekan bisa mendatangkan untung bagi mereka. China bisa dengan jeli melihat produk dengan mempertimbangkan harga dan apa yang diperlukan pasar. Mereka membuat produk dari kualitas jelek sampai yang kualitasnya bagus. Dari produk-produk kecil dampai produk-produk berat. Bagaimana mereka mempelajari suatu teknologi, walaupun kadang terkesan menjiplak dan menciptakan produk KW, tapi mereka mampu menghadirkan solusi bagi pasar. Setidaknya dengan menawarkan produk yang memiliki spesifikasi hampir sama namun memiliki harga murah. Produk China akan selalu memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat.
Jadi intinya jangan terlalu membenci terhadap sesuatu apalagi kalau kita jelas-jelas masih bergantung darinya. Kebencian kita mungkin menunjukan kita iri terhadap mereka. Sedangkan iri menandakan kita tak mampu. Mungkin memang benar kita belum mampu seperti China namun setidaknya kita bisa belajar dari mereka bukan malah membencinya.
Belajar lah agar kita bisa mengikuti kesuksesan nya atau bahkan melebihinya.


Bagikan Ke:

Komentar:

Komentar