Fitur hapus pesan terkirim dalam aplikasi chat

Aplikasi pesan instan menjadi salah satu aplikasi yang wajib diinstall di perangkat pintar bagi hampir sebagian pengguna. Kehadiran aplikasi pesan instan seperti whatsapp, telegram, signal dan sebagainya, dalam waktu sekejap mampu menggeser penggunaan short message service (SMS). Saat ini hampir semua orang lebih memilih menggunakan aplikasi-aplikasi pesan instan dibanding menggunakan SMS. Kecuali bagi beberapa orang yang masih menggunakan feature phone yang memang tidak bisa menginstall aplikasi tersebut. Sebagian lainnya mungkin enggan menggunakan aplikasi pesan instan karena terlanjur nyaman menggunakan SMS atau malas mempelajari aplikasi baru, biasanya ini terjadi pada generasi yang lebih tua. Namun seringnya, SMS saat ini hanya digunakan untuk menerima pesan saja, itupun dari operator yang rajin mengingatkan untuk mengisi pulsa. Atau kalau tidak dari sms spam bahkan penipuan seperti mama minta pulsa. Keterbatasan fitur SMS menjadi salah satu alasan fitur ini kian ditinggalkan pengguna. Kecanggihan aplikasi pesan instan memang jauh melampaui SMS. Mulai dari fitur emoji, stiker, react, lampiran file kirim gambar hingga video. Jauh berbeda dengan SMS yang bahkan 1 smsnya saja maksimal hanya 160 karakter. Kedigdayaan SMS memang pernah terjadi di era 2000an, bahkan dengan iming-iming gratis ratusan SMS setelah 3 kali SMS misalnya, menjadi promo operator yang paling laku pada waktu itu. Ratusan SMS gratis tersebut dengan mudahnya dihabiskan dengan menghubungi siapa saja yang kita kenal, jauh berbeda dengan jaman sekarang.  Kejayaan ini berakhir setelah hadirnya aplikasi pesan instan disertai kemajuan teknologi jaringan internet dan smartphone yang harganya semakin terjangkau. 

Gambar oleh press 👍 and ⭐ dari Pixabay


Namun salah satu maslaah yang sering terjadi dari penggunaan SMS maupun pesan instan yaitu salah kirim. Tentu saja ini karena sebagai manusia pengguna acap kali salah menentukan penerima pesan yang dituju. Bahkan pada aplikasi pesan instan, keslahan ini semakin sering terjadi, mengingat banyaknya fitur yang disediakan. Seringkali kita salah mengirim pesan personal, malah dikirim ke grup. Kebayang kan betapa malunya saat pesan pribadi diketahui teman se grup? Untungnya piihak penyedia aplikasi pesan instan memahami kekhawatiran pengguna, dengan menghadirkan fitur tarik pesan atau hapus pesan terkirim. Dengan adanya fitur ini kita tak takut lagi salah kirim pesan, karena kalaupun salah kirim bisa dihapus untuk menghilangkan jejak. Namun syaratnya kita harus cepat menyadari dan menghapus pesan yang salah kirim, sebelum seseorang melihatnya. 

Semakin hari semakin banyak saja di grup yang menghapus pesan. Entah salah kirim ataupun kadang pesan yang lama tidak direspon. Kadang menyebalkan juga melihat tulisan pesan ini telah dihapus, bukan hanya satu melainkan beberapa chat. Sepertinya kehadiran fitur hapus pesan ini sedikit banyak mengubah pola pikir kita. Jika sebelum adanya fitur ini kita dengan hati-hati memeriksa nama penerima pesan, sekarang kita sedikit abai dan merasa kalaupun salah pesannya bisa ditarik lagi. Bahkan ada yang sering inseng mengirim chat-chat aneh lalu beberapa saat kemudian dihapus. Tulisan pesan ini telah dihapus juga seringkali membuat kita bertanya-tanya karena penasaran sebenarnya pesan seperti apa yang telah dihapus.

Kehadiran fitur hapus pesan memang sangat berguna, namun tetap kita harus teliti dalam berkirim pesan.


Bagikan Ke:

Komentar:

Komentar